PENTINGNYA MEMAHAMI DAN MENERAPKAN SKKNI BAGI LULUSAN PERGURUAN TINGGI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:26:19 WIB
Dibaca: 39 kali

Berita

PENTINGNYA MEMAHAMI DAN MENERAPKAN SKKNI BAGI LULUSAN PERGURUAN TINGGI

Selasa, 21 Mei 2024 - 13:46:09 WIB

Dibaca: 303 kali

 

 

Dari Seminar Online IASPRO: Meningkatkan Profesionalisme melalui Pemahaman Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

 

Dalam era persaingan global yang semakin ketat, kemampuan dan kompetensi profesional menjadi kunci utama bagi setiap individu untuk dapat bersaing dan berkembang dalam karir. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme adalah dengan memahami dan menerapkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). IASPRO atau Ikatan Asesor Profesional Indonesia pada hari Jumat, 17 Mei 2024 mengadakan Seminar Online dengan judul: Meningkatkan Profesionalisme melalui Pemahaman Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.

 

SKKNI adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan/atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan tertentu. SKKNI disusun dan ditetapkan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dengan memperhatikan masukan dari kementerian/lembaga terkait, asosiasi profesi, dan pihak-pihak yang berkepentingan.

 

Dengan memahami dan menerapkan SKKNI, seorang lulusan perguruan tinggi dapat:

 

Meningkatkan Kompetensi Diri: SKKNI menjadi acuan dalam mengidentifikasi dan mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan untuk suatu pekerjaan atau jabatan tertentu. Dengan mengetahui standar kompetensi yang harus dipenuhi, individu dapat merencanakan pengembangan diri dan meningkatkan kemampuan secara sistematis.

Meningkatkan Kualitas Kerja: Penerapan SKKNI dalam pekerjaan dapat membantu meningkatkan kualitas kerja karena individu memahami dan dapat memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. Hal ini berdampak positif pada produktivitas, efisiensi, dan kepuasan pelanggan.

Meningkatkan Daya Saing: Dengan memiliki kompetensi sesuai SKKNI, individu akan memiliki kualifikasi yang diakui secara nasional, sehingga meningkatkan daya saing dirinya di pasar tenaga kerja baik di dalam maupun luar negeri.

Memudahkan Pengakuan Kompetensi: SKKNI dapat digunakan sebagai dasar pengakuan kompetensi, baik melalui sertifikasi maupun proses rekognisi pembelajaran lampau. Pengakuan kompetensi ini akan memberikan keuntungan bagi individu dalam memperoleh pekerjaan atau pengembangan karir.

Dengan memahami dan menerapkan SKKNI, profesionalisme lulusan perguruan tinggi dapat terus ditingkatkan, sehingga mampu memberikan kinerja terbaik dan berkontribusi secara optimal bagi organisasi maupun industri. Lulusan Agroindustri akan memperoleh minimal 2 sertifikat kompetensi melalui LSP P1 Untag Surabaya yaitu Inspeksi Keamanan Pangan dan Kewirausahaan Industri Jenjang IV (RW-AI-2024).